Saturday, January 31, 2009

I'rab Surat al-Israa' 4-6

وَقَضَيْنَآ إِلَى بَنِى إِسْرَءِيلَ فِى الْكِتَبِ لَتُفْسِدُنَّ فِى الأٌّرْضِ مَرَّتَيْنِ وَلَتَعْلُنَّ عُلُوّاً كَبِيراً

Dan telah Kami tetapkan terhadap Bani Israil dalam Kitab itu: "Sesungguhnya kamu akan membuat kerusakan di muka bumi ini dua kali dan pasti kamu akan menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar". (al-Israa’ : 4)

وَقَضَيْنَآ إِلَى بَنِى إِسْرَءِيلَ فِى الْكِتَبِ

Huruf “wawu” adalah wawu ‘athaf sebagaimana dalam ayat 2.

قَضَيْنَآ
fi’il madhi mabni atas sukun karena bertemu dhamir “naa”. “Naa” dhamir muttashil mabni fii mahalli raf’i faa’il.

إِلَى بَنِى إِسْرَءِيلَ

jarr wa majrur muta’alliq dengan “qadhaa”. Alamat jarr nya adalah huruf “yaa’” karena mulhaq dengan jamak mudzakar salim yakni huruf nun dibuang karena idhafah.

إِسْرَءِيلَ

mudhaf ilaihi majrur dengan alamat jarrnya adalah fathah sebagai ganti kasrah karena isim ghairu munsharif dengan sebab nama ‘ajam dan isim alam.

فِى الْكِتَبِ

jarr wa majrur muta’alliq dengan “qadhaa”.

لَتُفْسِدُنَّ

jawab qasam (sumpah) yang dihilangkan laa mahalla lahaa. Huruf “lam” menunjukkan jawab qasam. Sedangkan “tufsidunna” adalah fi’il mudhari’ mabni atas membuang nun karena termasuk af’aal al-khamsah, mabni dengan sebab bertemu huruf nun taukid tsaqilah. Wawu jama’ah dihilangkan karena bertemu dengan sukun, fii mahalli raf’i faa’il. Nun taukid laa mahalla lahaa min al-i’rab.

فِى الأٌّرْضِ مَرَّتَيْنِ

jarr wa majrur muta’alliq dengan “latufsidunna”. “Marratain” naa’ibah dari maf’ul muthlaq “ifsaadain”, manshub dengan huruf yaa karena isim mutsanna.

وَلَتَعْلُنَّ عُلُوّاً كَبِيراً

Huruf wawu adalah wawu ‘athaf atas “latufsidunna” dengan i’rab sama dengan i’rabnya (latufsidunna).

عُلُوّاً
maf’ul muthlaq atau mashdar, manshub dengan alamat nashabnya adalah fathah.

كَبِيراً
sifat atau na’at dari “’uluwwan” manshub sebagaimana maushufnya dengan alamat fathah.




فَإِذَا جَآءَ وَعْدُ أُولَهُمَا بَعَثْنَا عَلَيْكُمْ عِبَادًا لَّنَآ أُوْلِى بَأْسٍ شَدِيدٍ فَجَاسُواْ خِلَلَ الدِّيَارِ وَكَانَ وَعْدًا مَّفْعُولاً

Maka apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) pertama dari kedua (kejahatan) itu, Kami datangkan kepadamu hamba-hamba Kami yang mempunyai kekuatan yang besar, lalu mereka merajalela di kampung-kampung, dan itulah ketetapan yang pasti terlaksana. (al-Israa’ : 5)

فَإِذَا جَآءَ وَعْدُ أُولَهُمَا

Huruf faa’ adalah isti’nafiyah. “Idzaa” dzaraf zaman mustaqbal, mengkhafadzkan kalimat syaratnya dan menashab jawab syaratnya. Adaatu syarat bukan penjazm. Jumlah fi’liyah setelahnya adalah fii mahalli jarrin bi al-idhaafah kerana terletak setelah dzaraf “idzaa”. “Jaa’a” fi’il madhi mabni atas fathah. “Wa’du” faa’il marfu’ dengan dhammah. “Uulaa” mudhaf ilaihi majrur dengan kasrah yang diperkirakan di atas alif karena ‘udzur. Huruf “haa’” dhamir muttashil fii mahalli jarrin bi al-idhaafah. Huruf “mim” adalah huruf ‘imaad dan huruf “alif’ huruf yang menunjukkan tatsniah (ganda).

أُولَهُمَا بَعَثْنَا عَلَيْكُمْ عِبَادًا لَّنَآ

Jumlah ini adalah jawab syarat bukan penjazm laa mahalla lahaa. “Ba’atsna” fi’il madhi mabni atas sukun karena bersambung dengan dhamir “naa”. “Naa” dhamir muttashil fii mahalli raf’i faa’il. “’Alaikum” jarr wa majrur muta’alliq dengan “ba’atsnaa” dan huruf “mim” alamat jama’ mudzakkar mukhatabiin. “’Ibaadan” maf’ul bihi manshub dengan fathah. “Lanaa” jarr wa majrur muta’alliq dengan sifat yang dihilangkan dari ‘ibaadan.

أُوْلِى بَأْسٍ شَدِيدٍ

“Ulii” adalah sifat kedua dari “’Ibaadan” manshub dengan huruf “yaa’” karena mulhaq dengan jamak mudzakkar salim. “Ba’sin” mudhaf ilaihi majrur dengan kasrah. “Syadiid” sifat atau na’at dari “ba’sin” majrur dengan kasrah.

فَجَاسُواْ خِلَلَ الدِّيَارِ

Huruf “faa’” sababiyah. “Jaasuu” fi’il madhi mabni atas dhammah karena bersambung dengan huruf “wawu” jama’ah. Huruf “wawu” adalah dhamir muttashil fii mahalli raf’i faa’il. “Khilaala” dzaraf makan muta’alliq dengan “jaasuu” manshub karena dzaraf dengan fathah, “khilaala” sebagai mudhaf. “Ad-diyaari” mudhaf ilaihi majrur bi al-idhaafah dengan alamat jarrnya adalah kasrah.

وَكَانَ وَعْدًا مَّفْعُولاً

Huruf “wawu” isti’nafiyah. “Kaana” fi’il madhi naqish mabni atas fathah dengan isimnya adalah dhamir mustatir jawaazan dengan taqdir “huwa”. “Wa’dan” khabarnya “kaana” manshub dengan fathah. “Maf’uulan” shifat atau na’at dari “wa’dan” manshub dengan fathah.


ثُمَّ رَدَدْنَا لَكُمُ الْكَرَّةَ عَلَيْهِمْ وَأَمْدَدْنَكُم بِأَمْوَلٍ وَبَنِينَ وَجَعَلْنَكُمْ أَكْثَرَ نَفِيرًا

Kemudian Kami berikan kepadamu giliran untuk mengalahkan mereka kembali dan Kami membantumu dengan harta kekayaan dan anak-anak dan Kami jadikan kamu kelompok yang lebih besar. (al-Israa’ : 6)


ثُمَّ رَدَدْنَا لَكُمُ الْكَرَّةَ عَلَيْهِمْ

“Tsumma” huruf ‘athaf. “Radadnaa” fi’il madhi mabni atas sukun karena bersambung dengan “naa”. “Naa” dhamir muttashil mabni atas sukun fii mahalli raf’i faa’il. “Lakum” jarr wa majrur muta’alliq dengan “radadnaa” dengan huruf “mim” sebagai alamat laki-laki mukhaatabiin. “Karrah” maf’ul bihi manshub dengan fathah. “’Alaa” huruf jarr. “Hum” dhamir ghaaibiin fii mahalli jarrin bi ‘alaa. Jarr wa majrur muta’alliq dengan haal yang dihilangkan.

وَأَمْدَدْنَكُم بِأَمْوَلٍ

Huruf “wawu” ‘athaf. “Amdadnaa” sama i’rabnya dengan “radadnaa”. Huruf “kaaf” dhamir mukhatabiin fii mahalli nashbi maf’ul bihi. Huruf “mim” menunjukkan jamak mudzakkar. “Biamwaalin” jarr wa majrur muta’alliq dengan “amdadnaa”.

وَبَنِينَ وَجَعَلْنَكُمْ

Huruf “wawu” ‘athaf atas “amwaalin” . “Baniin” majrur dengan alamat huruf “yaa’” karena mulhaq dengan jamak mudzakkar salim. “ Wa ja’alnaakum” i’rabnya serupa dengan “wa amdadnaakum”.

أَكْثَرَ نَفِيرًا

Maf’ul bihi manshub dengan fathah tapi tidak ditanwin karena termasuk ghairu munsharif denga wazan “af’ala”. “Nafiiran” tamyiz manshub dengan fathah.

ALLAH A’lam

Ref:

1. Al-I’raab Al-Mufashshal Li KitaabiLLAAH Al-Murattal oleh Bahjat Abdu al-Wahid Shalih
2. I’raab al-Quraan oleh Ibnu Sayyidihi



2 comments:

Anonymous February 5, 2009 at 12:25 PM  

Ana ada pertanyaan : la pada kata latufsidunna di'irob sebagai jawab qasam. Jawab dari jumlah atau kalimat yg mana ya??? Bisakah jumlah latufsidunna fil ardhi dst dii'rob fi mahalli nashb maf'ul bih tsani mengingat kata qodhoina adalah fi'il muta'adhi??? Syukron atas jawabannya.

arros February 5, 2009 at 4:00 PM  

Assalamu'alaikum
ini pak noor ahmad setiawan yang pernah jadi kajur di DTE ya?
salam pak, saya alumni DTE angkatan 2007

Followers

Google Friend Connect

Google Friend Wall

Powered By Blogger

  © Blogger template Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP